Home Motocross Tahun Kedua Kejurnas MRS 2024 Mandalika Segera Dimulai

Tahun Kedua Kejurnas MRS 2024 Mandalika Segera Dimulai

2239
0
SHARE

IndonesiaRacing.com – Kejurnas Mandalika Racing Series (MRS) 2024 dengan tiga kelas yang di perlombakan menjadi pembuka dalam rangkaian lima putaran. Putaran pertama berlangsung pada 2-3 Maret mendatang di Pertamina Mandalika International Circuit Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sedangkan untuk putaran pembuka akan ditentukan setelah situasi pemilu dan status jadwalnya masih tentative.

Kali ini, MRS 2024 memasuki tahun kedua sebagai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Motor Sportbike. Sebuah ajang pembinaan dan prestasi bagi pebalap-pebalap Indonesia. Akan menerapkan beberapa regulasi teknik yang baru. Hasil dari kesepakatan dalam Rakornis yang disahkan pada Rakornas IMI. Secara keseluruhan, Regulasi terbaru tersebut untuk mengakomodir persaingan lebih ketat tapi bernilai sportivitas.

Kejuaraan yang diselenggarakan kerjasama antara PRIDE Club sebagai promotor penyelenggara yang bekerja sama dengan MGPA (Mandalika Grand Prix Association) didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI) pada musim 2024.

Format & jadwal balapan
Format balapan yang baru, yaitu sesi Superpole Race pada hari Sabtu, dengan mekanisme setelah Free Practice FP2 starting grid ditentukan oleh time attack FP2. Kemudian hasil Superpole Race ini untuk menentukan starting grid di sesi Race 1 dan Race 2. Format tersebut mengadopsi di kejuaraan WorldSBK, namun dibedakan pengambilan penilaiannya. Pada WorldSBK sesi Superpole Race adalah penentu posisi starting grid dari Race 2, sedangkan starting grid Race 1 diambil dari sesi kualifikasi biasa.

Dari regulasi Teknik yang telah direvisi, penggunaan kelas 250cc wajib menggunakan battery non lithium hasil kesepakatan IMI, promotor dan sponsor. Sedangkan kelas sport 150cc dan Supersport 600cc dibebaskan tipe battery-nya.

Pada kejurnas MRS 2024, regulasi teknik mengenai registrasi produk mulai diterapkan. Tujuan registrasi sertifikasi produk adalah bentuk perlindungan dalam penggunaan produk, jika didapati penggunaan produk yang tidak terdaftar, pebalap tersebut terkena diskualifikasi.

Tahun ini, MRS akan mempertandingkan tiga kelas utama Kejurnas, yaitu Sport 150, Sport 250 dan Supersport 600. MRS 2024 juga memperlombakan supporting class, seperti : Underbone 150 U-20, Supersport 600 dan Superbike 1.000 Community. Serta ada juga sesi tambahan yaitu Superpole di kelas Kejurnas dan Underbone 150 U-20.

Semua kelas utama dan tambahan dapat mengikuti seluruh rangkaian MRS 2024 dengan lima putaran, yakni:
Putaran 1: 2-3 Maret
Putaran 2: 25-26 Mei
Putaran 3: 13-14 Juli
Putaran 4: 24-25 Agustus
Putaran 5: 19-20 Oktober
Untuk MRS 2024 dengan lima putaran yang dimulai pada 2-3 Maret juga dapat bisa tonton dalam tayangan Live Streaming yang sudah disiapkan dengan 11-titik baru dengan peralatan yang lebih lengkap. #BerbagaiSumber.