Home Tips Steering Damper – Pahami Spesifikasi, jangan Abaikan Soal Kualitas

Steering Damper – Pahami Spesifikasi, jangan Abaikan Soal Kualitas

1707
0
SHARE

Indonesia Racing – Hobi motorsport baik untuk riding, fun race atau full kompetisi perlu juga memasang stering damper yang berfungsi meredam getaran pada bagian setang kemudi pengendara. Apalagi khas sportbike dengan wheel base yang pendek dan geometri yang agresif  selalu ada celah berubah arah saat berkendara ketika mendapatkan sedikit guncangan. Apalagi ketika menekuk setang di tikungan berkelok  perlu perangkat stabilizer dibagian kemudi.

Steering damper adalah solusi mengatasi guncangan  dan peredaman menjaga stabilitas motor saat di pacu pada kecepatan tinggi atau maksimal. Pemasangannya tidak perlu modifikasi, hanya dipasang pda dua bagian sasis dibawah tangki dan setang kanan motor.

Motor jenis sportbike yang telah dilengkapi steering damper berfungsi dan dirancang untuk meredam gerakan vertikal roda dan suspensi sama seperti peredam kejut (shock absorber). Cara kerjanya mengarah horizontal  meredam dan mengatur volume besarnya getaran. Fungsi Steering damper bekerja ketika ada kejutan vertikal ke bawah dan memantul kembali ke atas ketika roda depan menyentuh rintangan, redaman itulah yang meredam agar posisi motor tetap diam atau stabil.

Bagi pengendara motorsport Steering damper berfungsi untuk Mengendalikan motor agar stabil untuk posiis aman dan arahnya, mengurangi tergerusnya ban dan tidak cepat aus, meningkatkan usia pakai komponen dan tetap membuat pengendara tetap rileks dan tidak cepat lelah.

Dalam memilih steering damper wajib memperhatikan spesifikasi dan materialnya seperti jumlah 24 adjuster untuk menyetel 24 tingkat kekerasan untuk peningkatan dan penanganan yang signifikan, pipa poros utama dilapisi hard chrome dan tahan gesekan, Steering damper dengan teknologi twin tube clamp untuk perlindungan terhadap dampak eksternal yang terus menerus secara estafet, Dilengkapi dengan tiga seal label pelindung berbagai tingkatan debu. Steering damper berkualitas biasanya dipakai oleh rider racing team.