Home Motocross Prediksi Pemenang MXGP dan MX2 di Spanyol

Prediksi Pemenang MXGP dan MX2 di Spanyol

2283
0
SHARE

IndonesiaRacing,com – Kejuaraan Dunia Motocross FIM 2024, mulai beralih ke putaran Eropa yang akan dimulai dari Xanadú – Arroyomolinos MXGP Spanyol. Sirkuit yang berkarakter tanah padat ini terletak di Arroyomolinos, dekat ibu kota Spanyol, Madrid. Sirkuit itu, pertama kali diperkenalkan ke kalender MXGP pada tahun pandemi 2020, dan Jorge Prado memenangkan.

Empat tahun kemudian, pahlawan tuan rumah itu, yang kini membalap untuk Red Bull GASGAS Factory Racing, telah menjadi Juara Dunia MXGP. Prado telah mengantongi poin terbaik dari MXGP Argentina.
Seperti dilansir dari tmxracing.com, Sirkuit ini juga telah menjadi saksi dua kemenangan keseluruhan bagi Jeffrey Herlings di tim Red Bull KTM Factory Racing. Dan tahun lalu merupakan tahun yang bersejarah, karena ia memecahkan rekor kemenangan Grand Prix sepanjang masa dengan kemenangannya yang ke-102 dalam karirnya.

“The Bullet” memasuki babak ini hanya di posisi ketujuh dalam Kejuaraan Dunia dan berusaha untuk mengejar defisit 22 poin dari Prado, yang memiliki empat Juara Dunia lainnya yang berada tepat di belakangnya dalam klasemen.

Sirkuit Xanadú – Arroyomolinos, juga menjadi putaran pembuka Kejuaraan Dunia Motocross Wanita FIM dan Kejuaraan EMX250. Perjuangan Daniela Guillen yang tahun lalu menempati runer- up, kembali berhadapan dengan Juara Dunia Courtney Duncan telah memenangkan ketiga GP WMX di sirkuit tersebut.

Sebagai pebalap tuan rumah di ajang WMX, Daniela Guillen yang berada di tim Junior RFME GASGAS MX, akan bersaing dengan Duncan dan tim barunya F&H Racing.
Jorge Prado menyamai rekor pembalap legendaris Belgia Eric Geboers dengan kemenangannya yang ke-39 dalam karirnya di Grand Prix di Spanyol.

Dan tampaknya mendapatkan gelombang kepercayaan diri Prado, apalagi pesaing kuatnya, Tim Gajser belum pernah menang di sirkuit Xanadu Arroyomolinos. Pebalap Slovenia tersebut mengatakan dia akan berusaha menghentikan Prado agar tidak menjauh lebih dari tiga poin.

Bagi Romain Febvre dari Kawasaki Racing Team, meskipun belum memiliki waktu terbaik di sirkuit Spanyol, dengan hanya satu kemenangan balapan di Spanyol pada tahun 2021. Pembalap asal perancis tersebut di MXGP 2023 mengalami kecelakaan tikungan pertama pada hari Sabtu yang membuatnya tidak mendapatkan poin.

Satu-satunya mantan Juara Dunia yang tidak berada dalam tim pabrikan atau tim satelit, yakni Pauls Jonass. Namun, tetap mencetak akhir pekan yang fantastis di Argentina. Pembalap Standing Construct Honda menempati posisi keempat dalam perolehan poin. Pembalap asal Latvia ini tiba-tiba menjadi salah satu kandidat yang tepat dan memiliki prospek podium yang nyata di negara tempat ia menang pada tahun 2018 di Red Sand.

Sedangkan, Maxime Renaux dari Monster Energy Yamaha Factory MXGP adalah satu-satunya pembalap yang meraih kemenangan di kedua kelas di sirkuit ini. Setelah meraih kemenangan MX2 pada tahun 2021 dalam perjalanannya menuju gelar juara dunia pada tahun itu. Dan kemenangan balapan ganda pada tahun 2022. Kompetisi tahun lalu adalah namun, tidak terlalu manis, karena ia mengalami cedera kaki yang membuatnya absen hampir sepanjang musim.

Ruben Fernandez dari Tim HRC ingin bangkit kembali ke performa terbaiknya di kandang sendiri, Ruben Fernandez mengalami cedera kaki bagian bawah yang diambil dalam insiden di Patagonia.
Jorga Prado tentunya kan totalitas di kandangnya sendiri, yang mengalahkannya hanya dirinya sendiri.

Prediksi MX2
Pada kelas MX2, publik menyaksikan bintang-bintang muda yang benar-benar mempertaruhkannya dalam serangkaian balapan yang mendebarkan. Sirkuit di Spanyol ini juga karkaternya sama seperti Patagonia yaitu spesialis hard-pack.
Putaran pertama MXGP Eropa ini juga akan menyambut kembalinya bintang MX2 di tahun 2023, Liam Everts. Pembalap muda asal Belanda berharap sudah cukup pulih dari cedera jempolnya untuk bergabung dalam Red Bull KTM Factory Racing.

Simon Laengenfelder dari Red Bull GASGAS Factory Racing akan perbaiki hasil yang membuatnya frustrasi di Patagonia, karena pembalap Jerman itu memenangkan balapan pertama Grand Prix untuk lima putaran terakhir pada tahun 2023. Dengan kegembiraan yang pasti menyelimuti timnya karena kehadiran Prado, Simon Laengenfelder akan sekali lagi mencari kesempurnaan di Semenanjung Iberia.

Bagi De Wolf, dia yakinkan harus penuh percaya diri menuju Xanadu-Arroyomolinos, karena dia memenangkan kedua balapan hari Minggu dengan otoritas tahun lalu.
Posisi ketiga dalam klasemen dengan perolehan 40 poin yang stabil di Argentina adalah Thibault Benistant untuk Monster Energy Yamaha Factory MX2, dan pembalap Prancis itu baru saja kehilangan podium di sini tahun lalu jadi dia akan berusaha untuk naik podium.

Tidak diragukan lagi, kebangkitan Argentina adalah kecepatan Mikkel Haarup untuk tim Monster Energy Triumph Racing yang baru, diposisi kedua. Haarup akan kembali dengan mesin baru pabrikan Inggris itu naik podium di Grand Prix pertamanya. Pembalap Denmark itu maupun rekan setimnya yang berada di peringkat 10 Camden McLellan telah berlatih di Spanyol sepanjang musim dingin, jadi mereka akan merasa seperti di rumah sendiri akhir pekan ini.

Kemudian ada tim Red Bull GASGAS Factory Racing akan mencari lebih banyak dari sensasi pendatang baru Marc-Antoine Rossi, yang hampir memenangkan balapan penuh pertamanya di Grand Prix sebelum mengalami kecelakaan kecil, dan moto kedua yang buruk membuatnya berada di urutan ke-6 di Championship. Dia juga menyukai trek Spanyol.

Pembalap lokal yang harus diwaspadai akhir pekan ini termasuk Oriol Oliver dari WZ Racing Team dan pilot Fantic Factory Racing MX2 David Braceras. #BerbagaiSumber.