Home Motocross Jorge Prado Tidak Terbendung Memenangkan Podium Juara MXGP Spanyol

Jorge Prado Tidak Terbendung Memenangkan Podium Juara MXGP Spanyol

2307
0
SHARE

IndonesiaRacing.com – MXGP Spanyol pada Minggu (24/3), Berlangsung di Sirkuit Intu Xanadu Arroyomolinos, dengan situasi terik matahari. Sirkuit yang dipersiapkan dengan baik ditambah banyaknya penonton Spanyol yang hadir membuat juara dunia motorcross tiga kali Jorge Prado telah menghabisi lawannya dalam satu hari. Hal ini menjadi kegembiraan public Spanyol yang tidak banyak yang akan melupakannya.

Jorge Prado meraih kemenangan telak dalam dua moto yang di perlombakan. Bagi Prado kemenangan di Spanyol sungguh luar biasa dengan nilai sempurna dalam setiap race. Jorge Prado yang tergabung dalam tim Red Bull GasGas Factory Racing semakin memantapkan posisinya sebagai pemuncak klasemen sementara Kejuaraan Dunia Motocross 2024.

Prado pada kedua Moto kemarin di MXGP Spanyol, melakukan yang seperti Jett Lawrence lakukan pada balapan AMA Supercross dengan konsistennya melesat jauh di depan.
Moto pertama berjarak sekitar 13 detik daa Moto Pertama berjarak 7 detik dari Tim Gajser. Aksi Prado adalah tanda yang mengkuatirkan para pesaingnya.

Juara dunia dua kali ini, akan memberikan yang lebih kuat pasa putaran berikuat di sirkuit Sardegna, Riola , Italia yang akan menjadi putaran penting untuk musim yang panjang dalam MXGP 2024.

Kemenangan Jorge Prado, selain kecepatan yang dia miliki, juga strategi yang jitu dalam mengolah jarak dari para pesaingnya. Sebut saja pebalap di belakangnya adalah Tim Gajser, Romain Febvre dan Jeffrey Herlings. Keunggulannya memang kecil, namun pebalap Red Bull GasGas itu sejak gerbang start melakukan sprint dalam lima lap, dan menghilang meninggalkan para pesaingnya.

Jorge Prado tampil sangat impresif hingga mengungguli tim Gajser sampai berjarak 12 detik. Sejak sesi RAM Qualifying Race MXGP, pada Sabtu (23/3), Prado meraih holeshot hingga tak tersentuh sepanjang balapan, mengungguli tim Gajser dan Maxime Renaux.

10 Besar Kelas MXGP GP Spanyol
1. Jorge Prado (ESP, GAS), 50 point
2. Tim Gajser (SLO, HON), 44 point.
3. Romain Febvre (FRA, KAW), 38 point.
4. Jeffrey Herlings (NED, KTM), 38 point.
5. Jeremy Seewer (SUI, KAW), 29 point.
6. Calvin Vlaanderen (NED, YAM), 28 point.
7. Pauls Jonass (LAT, HON), 27 point.
8. Valentin Guillod (SUI, HON), 24 point.
9. Kevin Horgmo (NOR, HON), 22 point.
10. Ben Watson (GBR, BET), 17 point

Katagori MX 2
Untuk kelas MX2, Kay de Wolf dari tim Nestaan Husqvarna Factory Racing, pada sesi RAM Qualifying Race MX2 MXGP seri kedua di Sirkuit Intu-Xanadú, Arroyomolinos, Spanyol, pada Sabtu (23/3). Pembalap Belanda itu meraih holeshot dan tak tergoyahkan sepanjang balapan, mengungguli Simon Laengenfelder dan Liam Everts.
Pembalap pabrikan Nestaan Husqvarna Kay De Wolf dari Belanda telah menambahkan kemenangan GP ketiga kali dari hasil skor 1-2 dan memperpanjang keunggulan poin serinya.

Posisi kedua secara keseluruhan adalah pebalap pabrikan Red Bull GasGas Simon Langenfelder dengan hasil skor 2-3 dan posisi ketiga ditempati oleh pebalap ketiga Red Bull KTM Factory, Andrea Adamo dengan skor 6-1. Poin kejuaraan sekarang, de Wolf 113 poin, Laengenfelder 101pts, Adamo 82poin, Lucas Coenen 75 poin, Benistant 72 poin.
Persaingan pebalap MX2 terjadi antara Kay De Wolf, Sasha Coenen, Adamo, dan Liam Everts, Benistant, de Wolf, Langenfelder, McLellan, Prugnieres, Haarup dan Zanchi.

Menariknya persaingan terjadi pada lap ke empat dan lap ke enam, antara De Wolf dan Adamo. Lap keempat dan keunggulan de Wolf 2,7 detik atas Adamo. Pada Lap keenam terjadi jarak sempit antara Adamo, De Wolf, Langenfelder, Benistant, Everts, Lucas Coenen, McLellan, Haarup, Sasha Coenen dan Bonacorsi. Satu lap kemudian Adamoungguli Wolf dengan jarak 1,1 detik dan Langenfelder di posisi ketiga terpaut empat detik dari pemimpinnya.

Sasha Coenen, Adamo, dan Everts memimpin dominasi KTM di tikungan pertama moto MX2 kedua, kemudian datang Benistant, de Wolf, Langenfelder, McLellan, Prugnieres, Haarup dan Zanchi. De Wolf dan Benistant naik ke posisi kedua dan ketiga dan kemudian adamo, Everts, Langenfelder, McLellan, Haarup, Lucas Coenen dan Prugnieres di urutan ke-10.

Sasha Coenen melaju dengan baik di depan, tetapi De Wolf datang dan tampak hebat dalam tugasnya di depan. Lap kedua dan De Wolf memimpin, saat Adamo melewati Benistant dan di lap kedua De Wolf, Coenen, Adamo, Benistant, Everts, Langenfelder, McLellan, Haarup, Lucas Coenen dan Zanchi berada di urutan ke-10.
Adamo di seluruh Coenen untuk posisi kedua dan Everts melakukan pekerjaan serupa di Langenfelder. Everts lolos ke posisi keempat dan Adamo ke posisi kedua saat sepuluh besar banyak berubah di lap ketiga. Adamo sekarang mengejar de Wolf.

Lap keempat dan keunggulan de Wolf 2,7 detik atas Adamo, kemudian datanglah Langenfelder, Benistant, Everts, McLellan, Lucas Coenen, Haarup, Sasha Coenen dan Bonacorsi. Lucas Coenen melewati McLellan, dan Adamo mulai memberikan banyak tekanan pada De Wolf untuk memimpin, bahkan pada lap keenam, juara bertahan MX2 itu mulai memimpin.

Lap keenam adalah Adamo, De Wolf, Langenfelder, Benistant, Everts, Lucas Coenen, McLellan, Haarup, Sasha Coenen dan Bonacorsi. Satu lap kemudian keunggulan Adamo adalah 1,1 detik dan Langenfelder di posisi ketiga terpaut empat detik dari pemimpinnya. Everts mendapat tekanan besar dari Lucas Coenen.
De Wolf mendapat tekanan besar dari Langenfelder dan Lucas Coenen pun ikut bergabung dalam partai perebutan tempat kedua. Podium pertama tiap Race dimiliki olej Adamo dan De Wolf.

Para pebalap MXGP dari putaran di spanyol langsung menuju Sardegna, Italia untuk putaran ketiga kejuaraan yang akan digelar pada 7 April mendatang. Lintasan pasir di Sardegna akan menjadi tantangan tersendiri, dan favorit pebalap Belanda seperti Jeffrey Herlings, Kay De Wolf dan Liam Evert. Bagaimana peluang Gajser dan Febvre dilintasan Pasir Sardegna? #BerbagaiSumber.