Home Road Race Pencapaian Hasil Pembalap Indonesia di Putaran Pertama ARRC 2024 Buriram

Pencapaian Hasil Pembalap Indonesia di Putaran Pertama ARRC 2024 Buriram

2259
0
SHARE

IndonesiaRacing.com – Kejuaraan Asian Road Racing Championship ( ARRC ) 2024 dengan putaran perdana berlangsung di sirkuit Buriram, Thailand. Tim Indonesia lengkap mengikuti seluruh kelas. Dari tiga kelas yang diikuti seperti, UnderBone ( UB ) 150, Asian Productions ( AP ) 250 dan Asian Superbike ( ASB) 1000. Pebalap Indonesia sukses menorehkan hasil bagus sejak sesi free Practice.

Regulasi teknis kelas AP250 ARRC berubah signifikan di musim 2024 ini, dengan menggunakan mesin 300cc yang dibatasi oleh pengaturan keseimbangan performa berdasarkan beberapa variabel, seperti bobot motor dan muatan kombinasi. Juga batasan putaran mesin atau rev-limit dengan nilai nilainya yang telah ditetapkan.

Regulasi keseimbangan untuk menempatkan poin keadilan untuk motor motor yang berkompetisi di ARRC 2024, yang diikuti beragam model/jenis motor yang ada tambahan homologasi dengan dihadirkannnya tipe Kawasaki Ninja ZX25R/RR dan Yamaha YZF R3.

Regulasi terbaru ini menyesuaikan dari regulasi sebelumnya yang dirilis sejak ARRC 2019 hingga ARRC 2023. Pada regulasi ARRC 2019, terdapat sistem penyeimbang Perfoma via Limiter RPM di Kelas AP250 ARRC 2019. Pada regulasi teknis ARRC 2019, tidak ada perbedaan Bobot Baik itu CBR300R, CBR250RR, R25 atau Ninja 250. Aturan Batasan bobot minimum motor termasuk bahan bakar full tank minimal 135 kg, serta bobot kombinasi ( Motor + bbm + Pembalap + riding gears ) Minimal 200 kg.

Katagori AP250
Pada putaran pembuka ARRC 2024, pembalap Indonesia mendapatkan hasil bagus mulai dari sesi FP1, FP2, FP3 race 1 dan race 2. Dikatagori AP250, tim Astra Honda Racing Team (AHRT ) melalui pebalapnya Herjun Atna Firdaus menjadi yang tercepat di FP1 dengan mendapatkan laptime tercepat 1:52,490 dengan Honda CBR250RR. Duet AHRT Herjun Atna Firdaus dan Muhammad Kiandra Ramadhipa yang berada di barisan depan, terhalang oleh performa bagus pebalap Vietnam yang menempatkan di posisi kedua, dan Ramadhipa menempati posisi ketiga.

Faerozi menjadi yang tercepat di FP3 AP250 dengan Yamaha YZF-R3 dengan catatatan Waktu 1:51,015. Faerozi membuat jarak sangat jauh dari Muhammad Kiandra Ramadhipa dengan selisih waktu 1,176 detik, posisi ketiga ditempati oleh Herjun Atna Firdaus ( 1:52,444 ).

Sementara itu pebalap tim Yamaha Racing Indonesia ( YRI ) dengan mengunakan motor R3, M. Faerozi di posisi 5 dengan jarak 0,849 detik dari catatan waktu Herjun disusul rekan setimnya Arai Agaska di posisi 8. Disesi FP 1 ini, pebalap Motul Sniper Manual Tech Kawasaki, menempati posisi keempat dengan catatan waktu 1:53,260.

Pada sesi kualifikasi AP250 yang berlangsung 30 menit, Faerozi suksess meraih Pole Position Bersama Yamaha R3. Pada 10 menit pertama, Faerozi maih berada di posisi ketiga dibawah Herjun Atna Firdaus dan Cao Viet Nam, 10 menit pertama Herjun Atna Firdaus meraih benchmark 1:52,859.

Persaingan ketat terjadi antara Herjun AF dan Faerozi di menit ke 11, dengan Faerozi memimpin dengan catatan waktu 1:52,332.Tapi Herjun AF mempercepat CBR250RR hingga di menit ke 13 Herjun mengambil alih dengan torehan waktu 1:52,238.
Pada menit ke 15 gantian Cao Viet Nam Memimpin dengan 1:52,616 yang dibayangi oleh Muhammad Kiandra Ramadhipa. Kemudian di lima menit terakhir, Herjun AF take over kembali naik ke posisi depan.

Hasil akhir setelah berlangsung 30 menit, Faerozi menguasai Pole Position dengan peraihan laptime 1:51,440, posisi kedua ditempati Herjun AFdan Cao Viet Nam di posisi ketiga.
Hasil meraih Pole Position, menjadi awal baik bagi Faerozi yang menenpati grid start pertama, diikuti olejHerjun Firdaus grid Kedua dan Cao Vietnam di grid ketiga. Faerozi sejak start memimpin, tapi diambil alih oleh Herjun AF sebelum masuk tikungan terakhir menjelang straight track yang memimpin lebih cepat 0,3 detik di depan Faerozi dan Arai Agaska Dibani Laksana.

Pebalap berusia 14 tahun dari tim AHRT Muhammad Kiandra Ramadhipa sukses melewati Faerozi di tikungan terakhir lap kedua. Lap kedua dan ketiga, keempat pebalap Indonesia memimpin secara berurutan. Sayangnya pertahanan Faerozi dna Ramadhipa terpecah hingga Cao Viet Neam masuk di posisi kedua pada lap ke empat hingga kelima.pebalap Honda Vietnam tersebut mengacak posisi Herjun AF dan Faerozi,

Persaingan ketiga pembalap di manfaatkan betul oleh Ramadhipa yang masuk memimpin. Perlawanan Cao Vietnam berakhir dengan terjadinya Crash di lap terakhir saat mencoba masuk secara paksa di tikungan terakhir. Hasil akhir menempatkan Faerozi dari tim YRI sukses meraih podium pertama Race 1 AP250.

Race kedua, Herjun AF yang sejak lap mendominasi posisi terdepan, sukses memenangkan Race 2 AP250. Pada Race kedua persaingan Faerozi dan Herjun AF mendominasi perlombaan, meski ada perlawanan dari Aiki Iyoshi ( Kawasaki ), Arai Agaska Dibani Laksana ( Yamaha ) dan Cao Viet Nam ( Honda ). Pada Lap kedua dan keempat, Cao Viet Nam sempat memimpin di depan Faerozi dan Herjun AF. Kejutan juga dihadirkan oleh Aiki Iyoshi dengan Ninja ZX25R yang memimpin di lap ke 6-7-8, di lap ke delapan giliran Ramadhipa memimpin. Hasil akhri Race kedua kelas AP250 ini dimenangkan oleh Herjun AF, Faerozi runer Up P2.

Katagori UB150
Performa pebalap Indonesia memang on fire dari kelas Under Bone UB 150 hingga AP250. Aksi spektakuler kali ini dibuktikan oleh Fahmi Bassam meraih podium juara dari race 1 UB150 gelaran ARRC 2024 di Sirkuit Buriram Thailand, Sabtu (16 Maret).

Pebalap tim Yamaha LFN HP969 tampil penuh keyakinan dan matang dalam menyesuaikan situasi. Salah satu bagian yang dia peragakan saat mengolah traksi ban memainkan sisi dalam lintasan dan teknik rolling out di tikungan begitu membanggakan.
Akselerasi Fahmi Bassam di tikungan terakhir, menjadi poin penting kesuksesannya meraih podium juara Race 1 kelas UB150. Terlihat sinergi persiapan dan setingan MX- King tim mekanik yang dikepalai oleh Subur.

Fahmi mengungguli seniornya, raja underbone, Wahyu Aji Trilaksana (Racetech Sixty Racing) yang ditutup untuk menempati posisi kedua.
Jalannya perlombaan kelas UB 150 memang penuh keseruan, semua pembalap merata, tidak ada yang mendominasi. Suasana itulah yang dibuktikan oleh Fahmi Bassam, yang jeli memanfaatkan momentum dan emosi 19 pebalap pesaingnya.

Pebalap bernomor start #222, mengungguli Wahju Aji Trilaksana dengan selisih waktu lebih cepat 0,322. Selamat buat Fahmi Bassam dan tim Yamaha LFN HP969, yang mengibarkan bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya.

Faktanya memang seru sekali perjalanan race awal UB150. Tidak ada yang dominan. Bergantian saja yang memimpin jalannya balapan. Pembalap tanah air yang berada di barisan depan saat lap-lap awal hingga pertengahan lap adalah duet Tim Racetech Sixty Racing, Wahyu Aji dan Aditya Fauzi. Juga trio tim Yamaha LFN HP969, Fahmi Bassam, M Robby dan Alfi Husni ataupun Dimas Juliatmoko (One For All).

Katagori ASB1000
Perlombaan pada kelas ASB1000, Andi Farid Izdihar atau disapa akrab Andi Gilang Finish P2 di Race 1 dan memenangkan Podium P1 di Race 2. Sesi Race 1 kelas ASB1000, Pebalap thailand, Nakarin meraih pole Position disusul Andi Gilang dan Hafizh Syahrin. Jalannya balapan pada empat lap Race 1l, Hafizh Syahrin DNF gagal melanjutkan lomba
Andi Gilang memimpin lap ke 7 dengan selisi 1,2 detik atas Nakarin, dan dipertahankan hinga lap ke 8-10. Pada lap ke 10, Andi Gilang melebarkan jarak persaingan menjadi 1,5 detik didepan Azlan,pebalap Malaysia.
Setelah melakukan tekanan secara estafet, Azlan berhasil melewati Andi Gilang di menit terakhir pada lap ke 13 hingga Azlan finish paling terdepan dan Andi Gilang di posisi kedua.

Andi Gilang melakukan revans dari perolehan di race 1 dan sukses memenangkan Race 2 ASB1000 ARRC Seri 1 Thailand 2024. Race kedua, pole position ditempati oleh Hafih Syahrin yang menggunakan Ducati Panigale V4R, Sedangkan Andi Gilang berada di Posisi tiga pada 4 lap pertama dibelakang yuki ini.

Andi Gilang pada lap ke 9 memanfaatkan kesalahan Hafis Syahrin saat Ducati Panigale V4R limbung kehilangan traksi yang membuat melebar. Hingga lap ke 10-11-12 dengan selisih berjarak 0,49 detik di depan Hafizh dan Nakarin, hingga lap terakhir ( lap 13 ) Posisi Andi Gilang tidak tergoyahkan meraih podium juara Race kedua katagori ASB 1000. #BerbagaiSumber. Selamat Para Juara…!