Home Motocross Ini Point Regulasi Teknik Dua Kelas Baru Kejurnas Grasstrack 2024

Ini Point Regulasi Teknik Dua Kelas Baru Kejurnas Grasstrack 2024

2238
0
SHARE

IndonesiaRacing.com – Ikatan Motor Indonesia (IMI) merilis hasil pembaharuan Peraturan Teknik Kejurnas Grasstrack 2024 yang telah ditetapkan pada Rakornas minggu lalu. Perbaikan pada dua kelas baru yang menggantikan kelas Bebek dari kelas utama kejurnas Grasstrack. Hal ini berkaitan dengan spesifikasi mesin tiap pabrikan motor trail.

Kelas baru tersebut adalah kelas Trail Tune Up 2L 180cc Pro dan Trail Standar Pabrik 4L 155cc Pemula. Dimana sudah mulai berjalan dengan regulasi peraturan Teknik hasil revisi.

Poin revisi yang diperbaiki adalah :
1. Regulasi Tune Up 2L 180cc Pro terletak pada teknis cylinder head standar, dengan porting dan polis boleh di bubut dan di las. Hasil revisinya adalah membebaskan bagian ini, dengan syarat bentuk luar tetap sama seperti original dan tidak boleh bilet.

2. Cylinder block yang awalnya harus standar dan dapat di bubut untuk semua model, namun di peraturan barunya sudah dibebaskan, untuk membuka peluang dalam ber- inovasi lebih bebas.

Perubahan pada displacement and layout juga berlaku untuk kelas Trail Standar Pabrik 4L 155cc Pemula. Yamaha tetap mempertahankan 150cc hingga 155cc dengan toleransi 0.49cc. Namun, untuk motor Honda dan Kawasaki, ada penyesuaian dengan volume kecil. Ukuran Displacement and layout yang sebelumnya harus sekitar 150cc dengan toleransi 0.49cc, kini ditetapkan menjadi 155cc dengan toleransi yang sama.

Untuk motor trail Honda dan Kawasaki, peraturan teknis sebelumnya dengan poin mengharuskan memiliki displacement and layout-nya sekitar 150cc dengan toleransi sampai dengan 0.49cc. Sekarang harus 155cc dengan toleransi sampai dengan 0.49cc.

Perubahan dan pembaharuan ini dilakukan dari berbagai masukan agar menjadi perhatian khusus bagi tim balap Grasstrack. Tentunya hasil revisi adalah menghindari efek ketidak sesuaian yang menghambat perlombaan. #dariberbagaisumber.