Home Road Race Fakta Unik Sirkuit Mandalika Bikin Bangga Indonesia, Motif Batiknya Curi Perhatian

Fakta Unik Sirkuit Mandalika Bikin Bangga Indonesia, Motif Batiknya Curi Perhatian

1700
0
SHARE

Indonesia Racing – Perhelatan akbar di awal tahun MotoGP Mandalika Indonesia tinggal hitungan hari. Tepatnya, tanggal 18 – 20 Maret 2022. Sirkuit Internasional Losail di Qatar kembali mendapat kehormatan untuk menggelar balapan pembuka musim baru MotoGP, 6 Maret 2022.

Sirkuit kebanggaan Indonesia yang letaknya di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat tersebut telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 12 November 2021. Dan sukses menggelar World Superbike (WSBK) Championship, seri ke-13 pada 19-21 November 2021 lalu.

Sirkuit yang akan digunakan untuk ajang balap motoGP ini mempunyai daya tarik tersendiri. Kali ini coba kita liat dari sisi lintasannya saja. Ada apa saja, yuk simak lebih lengkap ulasannya.

1. Bahan Aspal Modern
Lintasan Mandalika Sirkuit dibangun dengan teknologi pengaspalan paling modern bernama Stone Mastic Asphalt (SMA). SMA adalah campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal.

Tujuannya untuk memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil. Stone Mastic Asphalt memiliki daya penetrasi yang tinggi, yang membuat pembalap tidak mudah terjatuh saat terjadi ‘wet race’ (jalan licin akibat air hujan).

Beberapa keunggulan aspal yang biasa dikenal dengan stone matic asphalt ini adalah cepat kering ketika kondisi basah, permukaan lebih kasar dan dapat menahan kecepatan hingga 360 km/jam. Berbeda dengan aspal biasa yang hanya mampu menahan kecepatan 120 km/jam.

Sebelumnya, teknologi ini juga sudah digunakan oleh tiga sirkuit lainnya yang ada di dunia seperti Inggris, Abu Dhabi, dan Australia.

2. Memiliki Desain Motif Batik
Area run-off di lintasan balap Sirkuit Mandalika diberi motif batik yang memberikan keunikan tersendiri dari sirkuit-sirkuit kelas dunia lainnya. Motif batik ini dicat pada run-off tikungan ke-15 dan 16.

Motif kain tenun ikat khas Sasak (Lombok) dipilih menjadi motif batik di sirkuit ini.
Warna cat merah digunakan untuk landasan utamanya dan cat putih digunakan untuk membentuk garis-garis motifnya.

3. Sebagai Sirkuit jalan raya pertama di dunia
Sirkuit Mandalika terkenal dengan lintasan jalan raya, tetapi dirancang untuk dapat digunakan ajang Formula 1 hingga MotoGP.

4. Sirkuit paling aman di dunia
ITDC dan MGPA mengeklaim bahwa sirkuit Mandalika menjadi yang paling aman dari trek-trek lainnya, karena Mandalika mempunyai banyak faktor yang mendukung sehingga dinobatkan sebagai sirkuit teraman di dunia.
Direktur keuangan, strategi dan manajemen resiko ITDC, menegaskan bahwa sirkuit Mandalika menjadi trek yang pembangunannya paling cepat karena tidak sampai satu tahun. Termasuk pembangunan fasilitas pendukung lainnya.

Sirkuit memiliki panjang 4,31 km. Para pembalap harus menaklukkan total 17 tikungan. Hal menarik lainnya ada pada area paddock (garasi untuk tim balap), yang mencapai 40 garasi. Kapasitas Grand Stand Seating Street di Mandalika Sirkuit mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk Non-Seated Area (tribune berdiri) sanggup menampung 138.000 orang.

Saat tidak digunakan, Sirkuit Mandalika dapat digunakan oleh masyarakat umum.
Salah satunya adalah fasilitas inner road dan outer road yang bisa gunakan untuk bersepeda, tetapi bukan lintasan utamanya.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai lintasan sirkuit Mandalika. Nantikan dan sukseskan pagelaran balap Internasional yang akan berlangsung di sirkuit ini, Maret 2022. #berbagaisumber. Salam One Team…!