Home Road Race Pembalap Indonesia Panen 3 Gelar Juara dan 10 Podium di ARRC Thailand

Pembalap Indonesia Panen 3 Gelar Juara dan 10 Podium di ARRC Thailand

1615
0
SHARE

Indonesia Racing – Sejumlah pembalap Tanah Air panen gelar di Asia Road Racing Championship di Thailand dengan total 3 juara dan 10 podium.
Akhir pekan lalu, MotoGP 2022 memang tak menggelar balapan setelah baru saja merampungkan MotoGP Mandalika pekan sebelumnya.

Meski demikian, hal itu tidak lantas berarti ajang otomotif internasional sepi dari kejuaraan otomotif papan atas.
Tim Astra Honda Racing Team (AHRT) menurunkan 5 pembalap yakni Rheza Danica Ahrens, Adenata Putra, dan Herjun Firdaus di kelas AP250 serta Andi Gilang dan Irfan Ardiansyah di SS600.

Sementara itu, Yamaha Racing Indonesia menurunkan 4 pembalap yaitu Anggi Setiawan dan Aldi Setya Mahendra di AP250 dan Galang Hendra serta Faerozi Toreqotullah di SS600.
Selain itu, masih ada pula Gerry Salim yang membela panji Honda Asia Dream Racing dan turun di kelas ASB1000 serta nama-nama lain seperti Rafid Topan, Rey Ratukore, dan Andy M Fadly di AP250.

Seri ARRC yang digelar di Chang International Circuit ini menjadi seri pertama tahun ini, sekaligus balapan pertama dalam 2 tahun terakhir setelah ARRC diliburkan selama periode tersebut karena Covid-19.

Indonesia Raya Berkumandang 2 Kali di Hari Pertama
Pada Jumat (25/03/22) digelar sesi latihan bebas untuk keempat kelas, serta kualifikasi untuk UB150.
Lalu hari berikutnya digelar kualifikas untuk kelas yang tersisa, serta race pertama untuk keempat kelas. Pada hari Minggu, digelar sesi race kedua untuk keempat kelas yakni UB150, AP250, SS600, dan ASB1000.

Pembalap Indonesia pun menunjukkan dominasinya di ajang Asia Road Racing Championship Thailand ini. Dominasi itu bahkan sudah terlihat sejak sesi kualifikasi.
Di kelas AP250 misalnya, meski tak satupun merebut tempat terdepan, 7 pembalap Indonesia menempati posisi 10 besar.

Sementara itu di kelas SS600, Andi Gilang menempati pole position dengan 3 pembalap Indonesia lainnya di 10 besar yakni Irfan Ardiansyah (5), Galang Hendra (9), dan Md Faerozi Toreqotullah (10).
Hasil bagus di sesi kualifikasi itu pun akhirnya membawa bendera Merah Putih berkibar dan Indonesia Raya berkumandang di ARRC Thailand dalam sesi balapan baik race 1 dan 2.

Di race pertama kelas AP250 yang digelar Sabtu (26/03/22), pembalap Indonesia yakni Rheza Danica Ahrens keluar sebagai juara. Rheza Danica sejatinya hanya finis kedua, namun pembalap Thailand, Piyawat Patoomyos yang finis terdepan melanggar track limit sehingga diturunkan ke posisi kedua.

Andy Muhammad Fadly melengkapi dominasi Indonesia di podium dengan menempati posisi ketiga. Sedangkan Rafid Topan dan Reynaldo Ratukore melengkapi 5 besar.

Sementara itu, di race pertama SS600 yang digelar hari yang sama, Andi Gilang tampil dengan dominasi penuh. Tak hanya tercepat di free practice dan kualifikasi, Andi Gilang juga jadi yang tercepat di race satu.
Di luar hasil itu, Muhammad Yordan Badaru dan Wahyu Aji Trilaksana menempati podium kedua dan ketiga di race pertama kelas UB150.

Pembalap Indonesia Raih 10 Podium
Dengan demikian, pada Sabtu (26/03/22) lalu Indonesia Raya dikumandangkan dua kali berkat kemenangan Rheza Danica Ahrens (AP250) dan Andi Gilang (SS600).
Sementara itu, pada hari Minggu yang menggelar balapan kedua di keempat kelas, Indonesia kembali mendominasi di kelas AP250.

Bagaimana tidak, Andy Muhammad Fadly berhasil menjadi juara, sedangkan pembalap Indonesia berhasil menyapu bersih posisi 5 besar yakni, Rafid Topan (2), Rheza Danica Ahrens (3), Aldi Satya Mahendra (4), dan Reynaldo Ratukore (5).

Di kelas race 2 UB150, dua pembalap Indonesia kembali menempati podium kedua dan ketiga yakni Wahyu Aji Trilaksana dan Murobbil Vithoni.

Sayangnya, di kelas SS600 Andi Gilang gagal kembali finis tercepat karena mengalami crash dan harus finis paling belakang.
Dengan demikian, secara total tiga pembalap Indonesia berhasil menjadi juara alias menempati podium pertama di Asia Road Racing Championship (ARRC) Thailand.

Ketiganya adalah Rheza Danica Ahrens (Race 1 AP250), Andy Muhammad Fadly (Race 2 AP250), dan Andi Gilang (Race 1 SS600).
Sementara itu, Indonesia juga tiga kali memenangi podium kedua lewat tiga orang pembalap.
Ketiganya adalah Muhammad Yordan Badaru (Race 1 UB150), Wahyu Aji Trilaksana (Race 2 UB150), dan Rafid Topan (Race 2 AP250).

Terakhir, 4 pembalap Indonesia memenangi podium ketiga yakni Wahyu Aji Trilaksana (Race 1 UB150), Murobbil Vithoni (Race 2 UB150), Andy Muhammad Fadly (Race 1 AP250), dan Rheza Danica Ahrens (Race 2 AP250). #berbagaisumber Selamat para juara Indonesia Team…!