Home Road Race Sirkuit Pertamina Mandalika Giliran Jadwal Tes Resmi MotoGP 2022

Sirkuit Pertamina Mandalika Giliran Jadwal Tes Resmi MotoGP 2022

1442
0
SHARE

Indonesia Racing – Sebuah pagelaran berkelas, selalu diawali latihan atau tes terlebih dahulu sebelum memulai bertanding. Begitu juga balap motor berkelas seperti MotoGP.
Untuk musim depan, pagelaran MotoGP hanya tinggal menunggu waktu.

Dorna Sports sendiri telah mengeluarkan jadwal tes resmi. Dimana, MotoGP 2022 dimulai pada 6 Maret dengan seri MotoGP Qatar di Sirkuit Losail jadi pembuka.

Dilanjutkan dengan MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika pada 20 Maret dan MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo sebagai tiga seri awal.

Seperti biasanya, sebelum balapan dimulai, para pembalap akan memiliki kesempatan melakoni tes di sejumlah sirkuit. Khusus untuk awal musim, terdapat dua tes yang kebetulan dilangsungkan di Asia Tenggara, yaitu Malaysia dan Indonesia. Sisanya digelar di Eropa pada pertengahan dan juga menjelang akhir musim.

Tes di Sirkuit Sepang akan jadi pembuka. Dikutip dari GP One, sebelum tes resmi yang bisa diikuti seluruh pembalap, akan ada tes shakedown yang hanya diperuntukkan bagi tim pabrikan musim ini.

Shakedown test itu akan dilangsungkan pada 31 Januari sampai 2 Februari, atau tiga hari sebelum tes resmi bagi seluruh pembalap.

Rangkaian tes itu berlanjut pada tes resmi di Sepang pada 5-6 Fabruari. Dari Malaysia, perjalanan pembalap jelang MotoGP 2022 bersambung ke tes di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari sebelum dimulainya musim ini dengan MotoGP Qatar pada 6 Maret mendatang.

Sesi tes resmi MotoGP akan kembali dilanjutkan pada 2 Mei di Sirkuit Jerez atau setelah MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 1 Mei.

Setelah tiga balapan di Eropa: MotoGP Prancis, MotoGP Italia, dan MotoGP Catalunya, tes resmi kembali hadir di Sirkuit Barcelona, 6 Juni.

Sejauh ini tes di Sirkuit Misano jadi yang terakhir, yaitu pada 6-7 September, setelah MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, atau sebelum MotoGP Aragon di Sirkuit Aragon.

Dalam laporan GP One tersebut, MotoGP Indonesia 2022 masih dalam perhatian khusus karena menunggu homologasi. Selain MotoGP Indonesia, MotoGP Finlandia di Sirkuit KymiRing juga tergantung homologasi.

Jadwal Tes Resmi MotoGP 2022:
– Tes shakedown: 31 Januari – 2 Februari di Sirkuit Sepang
– Tes Sepang (5 – 6 Februari)
– Tes Mandalika (11 – 13 Februari)
– Tes Jerez (2 Mei)
– Tes Barcelona (6 Juni)
– Tes Misano (6 – 7 September) #dariberbagaisumber.