Home Road Race Setelah Sukses WSBK, Kini Mandalika Berbenah Menyambut MotoGP 2022

Setelah Sukses WSBK, Kini Mandalika Berbenah Menyambut MotoGP 2022

1439
0
SHARE

Indonesia Racing – Sirkuit Mandalika berbenah guna persiapan menyambut MotoGP Indonesia 2022 pada Maret nanti. Tujuan utamanya tentu agar sirkuit bernama lengkap Pertamina Mandalika International Street Circuit lolos homologasi untuk penyelenggaraan MotoGP.

Sebelumnya, sirkuit Mandalika memang sudah melalui proses homologasi namun khusus untuk menyelenggarakan WorldSBK.

“Kami mendapat apresiasi positif dari pembalap dan kru tim balap WorldSBK atas kualitas lintasan kami setelah balapan WorldSBK Indonesia 2021 usai. Namun masih ada beberapa hal yang harus kami tingkatkan lagi,” ujar Cahyadi Wanda selaku Vice CEO Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dalam siaran resmi beberapa waktu lalu.

Ada cukup banyak hal yang harus kembali dilengkapi di sirkuit Mandalika sebelum bisa menggelar MotoGP Indonesia 2022. Mulai dari additional protective devices, track marking, verges dan area run-off, area gravel, pembatas ban, tanda tikungan, dan lampu start sepanjang dua sisi lintasan. Juga pos track marshal dan pemeliharaan trek, sistem drainase, dan zona penalti long lap.

“Kami menyambut gembira pengumuman Dorna Sports yang telah menetapkan pelaksanaan MotoGP di Indonesia pada 18-20 Maret 2022 dan WorldSBK pada 11-13 November 2022,” ujar Arie Prasetyo selaku Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) dalam kesempatan yang sama.

“Kami juga tengah meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung sirkuit untuk mendukung penyelenggaraan event dan meningkatkan kenyamanan tim balap maupun penonton,” tandasnya.

Saat ini, IDTC tengah menyiapkan perbaikan akses keluar masuk kendaraan, pedestrian, dan saluran drainase di sekitar Sirkuit Mandalika. Juga penataan landscape dan penyelesaian pembangunan Pit Building (non-modular part).

Di samping itu, akan dibangun grandstand tambahan di 11 titik yang mengelilingi sirkuit sebagai antisipasi jumlah penonton MotoGP yang diperkirakan akan lebih banyak dibandingkan WorldSBK.

Seluruh pekerjaan ini ditargetkan akan selesai pada awal Maret 2022, target yang cukup mepet jika mengingat MotoGP Indonesia 2022 rencananya akan digelar pada 20 Maret nanti.

Meskipun begitu, Cahyadi mengaku pihaknya optimis semua pengerjaan tersebut bisa terpenuhi tepat waktu.

“Kami optimistis semua prasyarat dapat terpenuhi dan lolos homologasi sebelum balapan MotoGP berlangsung,” tutup Cahyadi. #berbagai sumber. Salam Cornering…!