Home Circuit Sirkuit Sidrap- Dua Sirkuit Berciri Khas Kesungguhan Dan Komitmen Bupati

Sirkuit Sidrap- Dua Sirkuit Berciri Khas Kesungguhan Dan Komitmen Bupati

2989
0
SHARE

Kabupaten Sindereng Rappang atau lebih dikenal Sidrap, wilayah di Sulawesi Selatan dengan pangan khasnya ketan hitam memiliki geliat motorsport terbaik. Dengan sosok pemimpinnya Bupati H. Rusdi Masse yang bukan hanya peduli, namun bersemangat memajukan talenta muda. Tentunya tujuan H. Rusdi Masse selain memfasilitasi kegiatan motorsport di Kabupaten Sidrap juga menaikan efek ekonomi dari sisi pariwisata.

Kabupaten Sidrap tidak memiliki banyak tempat wisata,  dan fokus membangun Sidrap untuk lebih dikenal sebagai kota automotif yang membanggakan.  Dalam beberapa tahun terakhir, Sidrap terus menjadi pusat kunjungan untuk kegiatan motorsport.Keunggulan sirkuit di Sidrap berskala nasional terkenal dengan balapan malam. Bahkan Sejak dibangun, Sirkuit Puncak Mario yang berada di wilayah Kecamatan Kulo itu sudah beberapa kali menjadi lokasi pelaksanaan kejurnas dari berbagai kelas termasuk gelaran Sidrap Prix.

Sidrap memiliki dua sirkuit yaitu RMS Rappang dan Sirkuit Puncak Mario Sidrap dengan selisih jarak 15 kilometer. Sirkuit RMS Land Rappang memiliki panjang lintasan 1100 meter, sedangkan Sirkuit Puncak Mario Sidrap dengan panjang sekitar 1,400 meter dengan lebar treknya 8  sampai 9 meter. Kedua sirkuit tersebut dilengkapi lampu penerangan untuk kegiatan balap hingga malam hari. Untuk mendukung balapan dimalam hari sirkuit ini memiliki 700 titik lampu berkekuatan 500 – 1000 watt per titiknya. Sirkuit Puncak Mario Sidrap selain memiliki penerangan memadai untuk balap malam, juga mempunyai dua lintasan straight ( trek lurus ) dengan panjang 400 meter dan 250 meter dengan lebar 15 meter.

Pemerintah Sidrap mendukung penuh keberadaan sirkuit Puncak Mario Sidrap dengan alokasi dana 12 Milyar. Pembangunan sirkuit diatas perbukitan ini terbagi dalam dua tahap, tahap pertama dengan dan 4.4 Milyar dan kedua 7.908 . kemungkinan dapat bertambah hingga 50 Milyar untuk menyempurnakan infrastrukturnya.

Histori pembangunan Sirkuit Puncak Mario Sidrap ini, kreatornya adalah pebalap senior Hokky” Duck” Krisdianto. Pebalap asal Magelang Jawa Tengah ini diminta oleh Bupati Sidrap H. Rusdi Masse untuk mendesain sirkuit yang jauh lebih layak dan representatif untuk balap motor. Hokky memanfaatkan referensi enam sirkuit di dunia yang kemudian di terjemahkan dalam lay out Sirkuit Puncak Mario Sidrap. Suami dari Mella inibutuh tiga minggu untuk menyelesaikan desain sirkuit.

H Rusdi Masse, Bupati Sidrap yang pernah menjabat sebagai ketua Pengprov IMI Sulsel memang luar dalam hobi balap. Kepedulian dan kesungguhannya untuk mewujudkan fasilitas untuk  generasi muda Sulawesi selatan khususnya dan demi nama Sulawesi secara umum.

Layout sirkuit karakter high speed dengan tikungan rolling speed sangat disenangi pembalap. Sirkuit dengan gemerlap lampu penerangan ini menempati lahan seluas 7 hektar. Lintasan juga dilengkapi perlengkapan safety, seperti tiang-tiang lampu di pasang lebih aman dan dalam jarak aman dari lintasan. Penempatan airbag sebagai pengamanan disetiap tikungan berikut jalur evakuasi dan fasilitas hospitality yang reprentatif. Sirkuit ini disiapkan untuk balap under bone hingga  motorsport 250 cc.