Home Riders Profil Galang Hendra Pratama – Galang  Sangat Yakin Racing Sebagai Kehidupannya

Profil Galang Hendra Pratama – Galang  Sangat Yakin Racing Sebagai Kehidupannya

1634
0
SHARE

Indonesia Racing – Gemerlap dunia balap Nasional kini semakin menjanjikan. Adalah Galang Hendra Pratama sosok anak muda asal Yogyakarta yang bersikeras untuk  berkarir di dunia roadrace. Modal bakat dan semangat pada titik atas yang menjadikan rider tim Yamaha Indonesia Factory ini menjadi salah satu pebalap Indonesia yang menikmati pelatihan di VR 46 Master Camp Ranch milik Valentino Rossi. Galang yang konsisten mengikuti kejuaraan balap Nasional ini berprinsip,” segala  sesuatu tidak mustahil terlaksana, bila kita menjalankan dengan benar dan penuh keyakinan.

Selama proses karir balapnya, rider yang selau berucap “Hidup saya adalah racing” justru tidak menemui kendala berarti, ini berkat ikhtiar dan semangat dari pebalap yang kini berusia 18 tahun.Talentanya dimulai ketika usia 7 – 8 tahun saat bermain minimoto,menekuni ajang grasstrack dan motocross sebelum hijrah ke roadrace. Memulai karir di road race tentunya skillnya makin terasah ketika belajar dan banyak belajar dengan pembalap papan atas di Pulau Jawa.

Tahun 2009 tim balap pertamanya adalah Yamaha ART atau Arya Racing Team milik Arya Dwi Mahendra, kawan bapaknya. Galang mulai dikenal diakhir 2009, awal tahun 2010 di rekrut Yamaha TDR Yonk Jaya. Kemudian karirnya berlanjut di tim Yamaha Ridlatama agar talenta dan prestasinya semakin terlihat. Saat bergabung dengan Ridlatama ketika itu Galang baru lulus dari Sekolah menengah Pertama di SMP N 2 Sewon Bantul ini.

Menekuni dunia balap hingga menyelesaikan pendidikan di SMA Gajahmada Yogyakarta. Alumni SMA Gajahmada Jogjakarta berterima kasih kepada pihak sekolahnya dengan dispensasi prioritas dan kelonggaran dalam mengikuti event balap. SMA Gajahmada Yogyakarta ternyata sekolah menengah tingkat atas favorit para pebalap. Dari daftar tercatat alumninya adalah Hendriansyah, Florianus Roy, Aldi lazaroni juga Asep Kurnia pebalap asal Sumedang

Mulai tahun 2009, Galang mulai berkarir mengikuti ajang kejurda hingga kejurnas sekelas Motoprix. Ketika mulai berkompetisi sebagai pebalap pemula  ( MP 3 dan Mp 4 ) di tahun 2013 bergabung dengan Yamaha Ridlathama, Hasil jerih payahnya dalam menjalankan kompetisi balap  meraih hasil sebagai juara di Juara Nasional Motoprix kelas Pemula, Juara Umum YCR seri 1 & seri 2, Juara 2 Asean Cup Race 2013 (race 2) di tahun 2013.prestasi pebalap kelahiran Yogyakarta, 10 Maret 1999  ini semakin berkibar di pentas balap Nasional.

Makanya dengan prestasi tersebut putra pertama  dari tiga bersaudara  pasangan Dicky Hestu Prahendra dan Desi Prasanti salah satu pebalap langganan skuad propinsi Yogyakarta di ajang olahraga Nasional seperti PON. Pastinya, pebalap yang gemar memutar musik menikmati balapan agar fokus berprestasi.

Dalam debut membalapnya, rider dengan spesifikasi berat badan 56,7 kg dan tinggi badan 159 cm ini banyak mendapatkan jam terbang saat berkarir dalam timnya kini. Selain skill yang didapat, kini Galang lebih familiar mengenal karakter motornya. Semua ini berkat sharing ke unsur awak tim dan pebalap senior.Dengan singkat, penyuka musik Dubstep ini membekali dirinya dengan ilmu dan trik membalap. Baginya balap bukan hanya mengandalkan fisik yang merupakan pondasi tetapi juga skill dan aransemen dalam memanagemen dirinya sendiri.” Serbuan dan tekanan selalu kuat dalam setiap balapan, Cuma satu kata dalam benak saya semangat dan sabar,” ujarnya.

Semangatnya tentu saja didukung dengna komitmen dalam berlatih. Latihan Jogging di Stadion Mandaka Krida Yogyakarta sejauh 8 km rutin di lakukannya setiap harinya. Selain latihan jogging, juga dilakukan latihan motocross dan supermoto. Latihan jogging yang bertujuan sebagai penopang daya tahan makin di maksimalkan dengan latihan fisik sekaligus kelenturan ber riding dengan YZ 250.

Sebelumnya di tahun 2012, dipanggil Yamaha Riding Akademi dan dilatih langsung oleh Jorge Lorenzo. Hasil prestasinya di tahun 2014 dan 2015 membuat Yamaha Indonesia memanggilnya masuk dalam skuad tim pabrikan Garpu Tala berlaga di ajang balap Asia dan internasional. Bersama pebalap – pebalap lainnya, Galang berkesempatan berlatih bersama The Doctor # 46yang merupakan pebalap idolanya.” Senang dan bersyukur bisa terpanggil untuk dilatih dengan Valentino Rossi dan instruktur lainnya di 46 Ranch. Tentunya saya akan fokus dalam mengenal dan mematangkan diri di motorsport,” Ujar GHP bersemangat.

Tekat penyuka pempek Palembang dan jus alpukat ini adalah membuktikan prestasi balap Nasional dan Internasional sebagai sumbangsih sebagai putra bangsa agar  semangat pemerintah untuk mendukung prestasi pebalap Indonesia berikut sirkuit internationalnya. Padahal para pebalap adalah pahlawan negara saat mereka tampil di ajang balap Internasional. Dunia balap juga adalah duta pariwisata baik untuk propinsi hingga negara Indonesia.

Data prestasi Galang Hendra #99

2017 : Juara 1 Race 2 ARRC Round 5 Madrash, India

2016 :

2015 :

Juara 1 IRRC Underbone 110cc seri 3 (Race 1)

Juara 2 IRRC Underbone 110cc seri 3 (Race 2)

Juara 3 IRRC Underbone 110cc seri 4 (Race 1)

Juara 2 IRRC Underbone 110cc seri 4 (Race 2)

Juara 1 IRRC Underbone 125cc seri 3 (Race 1)

Juara 1 IRRC Underbone 125cc seri 4 (Race 1)

Juara 3 IRRC Underbone 125cc seri 4 (Race 2)

Juara 3 Sunday Race R25 professional Class seri 2

2014 :

Juara Umum Ke-2 IRS Underbone 110 cc

Juara Umum ke-3 IRS Underbone 125 cc

Juara ke-2 MP 1 YCR Kediri

2013 :

Juara Nasional Motoprix kelas Pemula

Juara Umum YCR seri 1 & seri 2

Juara 2 Asean Cup Race 2013 (race 2)