Home Circuit Sirkuit Manggul – Terus Berinovasi untuk event dan Meningkatkan Kualitas Sirkuit

Sirkuit Manggul – Terus Berinovasi untuk event dan Meningkatkan Kualitas Sirkuit

1540
0
SHARE

Sirkuit Manggul yang terletak di Lahat Sumatera Selatan terkonsep baik pada lintasan maupun dari infrastruktur pendukungnya. Lebar aspal lintasan dari trek ini adalah 8-16 meter, sementara itu panjangnya adalah 1.616 meter. Trek lurusnya sendiri mempunyai panjang 400an meter dan yang paling istimewa adalah aspal dari sirkuit ini yang cukup mulus dan tidak ada bumpy. Sirkuit yang menunjukan semangat dari Bupati Lahat ini dalam memajukan prestasi anak bangsa ini mempunyai layout yang menantang. Sirkuit ini juga mempunyai lebar dan panjang lintasan yang berstandar nasional

Namun PP Ikatan Motor Indonesia (IMI) menetapkan Grade C  untuk  sirkuit yang dibangun oleh bupati Lahat Aswari Rivai. Grade C adalah sirkuit dengan maksimal untuk lintasan kelas sport 150cc.  Ada beberapa hal yang membuat sirkuit ini ditetapkan pada grada C yaitu :  layout, run off di beberapa tikungan, Tinggi jarak antara tanah dan aspal harusnya juga rata dan area paddock serta parkiran untuk paddock juga masih perlu diubah lagi agar bisa menaikan grade.

Sirkuit ini mempunyai infrastruktur berada di kawasan kota Lahat Sumatera Selatan, sirkuit ini juga terletak hanya 150 meter dari Hotel Grand Zuri Lahat.  Tema dari sirkuit ini juga merupakan sirkuit bernuansa green dimana masih banyak pepohonan di pinggir lintasan. Bahkan, di pinggir lintasan juga terdapat danau dan ada kandang rusa milik pribadi Bupati Lahat.

Selain konsep green, juga dikemas nuansa bangunan dari peti kemas. Dengan memanfaatkan box peti kemas yang dimodif menjadi gedung pemantau, paddock, toilet serta ruang timing system. Sisi interior bangunan dari peti kemas ini di perlengkap dengan perlengkpan interior standar  internasional.

Pihak menejemen sirkuit Manggul terus berupaya menyelesaikan pembangunan yang baru mencapai 80% ini, “ dari tanggapan dan penilaian PP IMI untuk memperbaiki seluruh bagian di sirkuiit agar grade lebih meningkat setidaknya meraih grade B seperti sirkuit  Sentul Karting. Masih belum rampungnya pembangunan prasarana  penunjang, kesempatan kami untuk merubah agar lebih menyempurnai memanjakan peserta dan penonton, Sirkuit Manggul terus berupaya meningkatkan berbagai sisi fasilitas dan kemasan eventnya ” Ujar Indra Zapella Direktur Sirkuit Manggul Lahat.

Sirkuit diatas lahan 10,5 hektar terletak didesa Manggul, Lahat, Sumatera -Selatan Lintasan dengan spesifikasi panjang  1616 meter, lebar lintasan 10-16 meter, trek lurus 400 meter, jumlah tikungan 8 dengan 4 tikungan kiri dan 4 tikungan kanan dengan estimasi biaya pembangunan 10 milyar rupiah ini tengah berbenah menjadi salah satu sirkuit terbaik di Indonesia. Bupati Answari Rivai menetapkan akan komitmennya menyerpumpurnakan sirkuuit Manggul berikut event yang digelar dalam setiap bulannya.