Home Tips TDR BATERRY JADI PRIMADONA UNTUK KONSUMSI HARIAN dan HOBBIES

TDR BATERRY JADI PRIMADONA UNTUK KONSUMSI HARIAN dan HOBBIES

269
0
SHARE

TDR High Performance Baterry dengan berbagai pilihan sesuai kegunaan

Baterry adalah bagian penting pendukung performa kelistrikan pada sepeda motor, Dari berbagai masa sejak battery di ciptakan, telah banyak sekali jenisnya seiring banyaknya penemuan-penemuan baru baik dari jenis bahan kimianya maupun konstruksinya, sehingga penggunaannya pun berbeda-beda.

Bagi konsumen wajib mengetahui untuk menghindari salah dalam penerapannya dan  mengakibatkan perangkat sistem kelistrikan yang terhubung ke performa motor tidak berfungsi dengan baik. Bahkan berakibat lebih fatal, dapat merusak beterry itu sendiri dan perangkat kelistrikan.

Perkembangan battery yang telah beredar dan digunakan seperti :
1. Flooded Lead Acid Battery (FLA).
Jenis battery ini sering disebut Wet Cell atau Flooded Battery atau bahasa di pasaran battery ( accu ) basah. Karakteristik battery jenis FLA ini terdapat sel-sel katup untuk pengisian cairan elektrolit dan sel sel katup di dalam baterry harus terendam cairan elektrolit dan jika level cairannya kurang harus ditambah. Kelemahan battery jenis ini,jika tidak diperhatikan akan membuat daya aliran arus ke perangkat kelistrikan bermasalah menyebabkan kerusakan battery tersebut. Juga rawan ketika melintasi jalur bergelombang yang mengakibatkan permukaan rendaman cairan elektrolit tidak merata. Baterry jenis ini juga rawan cairan tumpah ke luar box kemasan dan menyebabkan karat di bagian yang terkena cipratan cairan elektrolit.

2. Valve-Regulated Lead Acid Battery (VLRA).
Jenis ini sering juga Sealed Maintenance Freebattery dengan khasnya berupa Sealed Lead Acid battery . Secara battery maintenance free ini terlindung / tertutup rapat, yang nampak dari luar hanya terminal (+) positif dan (-) negatif. Dengan begitu cairan elektrolit tidak berkurang karena bocor atau penguapan. Baterry jenis ini memiliki katup ventilasi yang hanya terbuka pada tekanan yang ekstrem untuk pembuangan gas hasil reaksi kimianya. Tidak ada katup untuk isi ulang cairan elektrolitnya, karena hanya sekali pengisian Acid ketika akan digunakan, makanya dikenal sebagai battery bebas perawatan (Maintenance Free Battery).

 

Lithium Baterry

Selain kedua tipe battery tersebut ada satu tipe lagi yaitu Lithium Battery dengan berbagai kelebihannya. Jenis lithium battery lebih direferensikan untuk motor kompetisi ataupun motor yang telah di modifikasi. Kebutuhan untuk motor dengan mesin yang telah di modifikasi tentu memerlukan sebuah battery khusus. Terlebih untuk motorsport didesain aman dan ringan dipasang dengan posisi apapun. Soal performance, battery lithium membuat voltase kelistrikan lebih stabil. Biasanya lithium battery lebih mendukung kebutuhan motor hingga 600 cc.

Sebagai brand Lithium Baterry, TDR High Performance lithium battery telah membuktikan  kualitasnya pada motorsport dan salah satunya pembuktiannya  melalui motor dragbike. Baterry adalah sisi sangat penting dan  indentik dengan peranti ini adalah sub jantung dibalik komposisi power  mesin pada motor dragbike. Baterry atau accu pada motor drag harus mempunyai ketahanan maksimal sebagai penerusan kinerja dynamo dan gear saat menghidupkan mesin.

Hal ini, termasuk pula pengujian apakah battery tersebut di rasa cukup baik atau tidak terpakai sma sekali. Karena  untuk menghidupkan sebuah motor dragbike, diperlukan starting gear yang kuat, dinamo yang tangguh, dapat menghidupkan mesin sekelas spek mesin FFA ( Free For All ) hingga 350cc dan battery sebagai sumber tenaga dinamo.

Untuk menghidupkan dinamo pada motor drag dengan spesifikasi tinggi, memerlukan power yang luar biasa besar, sehingga dinamo sanggup berputar dan memutar crankshaft motor. Biasanya untuk itu sebuah tim dragbike membutuhkan 1 unit accu (battery) mobil, untuk menghidupkan motor drag itu sendiri. Permasalahannya adalah repot ketika support tim, harus membawa battery mobil tersebut ke area start.

Saat ini, masalah tersebut sudah memiliki solusi, dengan dikeluarkan High Performance Battery – TDR 2500 yang sanggup untuk menghidupkan motor sampai dengan 500 cc, tanpa kesulitan. Battery yang hanya memiliki dimensi  dan bobot lebih ringan dari 1 Kg tersebut, dengan mudahnya dapat dibawa kemana-mana, cukup dimasukkan ke dalam saku.

Tipe TDR2500 memiliki beberapa keunggulan seperti:

  • Bentuk yang simple dengan ukuran ultra ringan, berdimensi 13 x 12 x 6 cm dengan bobot hanya 483 gram ( dibawah 1/2 Kg)
  • Dapat dipergunakan dalam berbagai kondisi cuaca
  • Dapat di charge dengan sangat cepat
  • Untuk penggunaan normal, dibandingkan battery tipe sejenisnya, battery TDR memiliki umur 4x lebih panjang daripada battery lainnya

Pengembangan yang dilakukan oleh TDR Racing, dengan melihat pada kebutuhan dari pasar, selalu mengeluarkan inovasi-inovasi yang memiliki fitur “High Performance” sehingga setiap produk, pastinya memiliki fitur yang berbeda dibanding fitur-fitur yang ada di pasaran.

Selain Lithium Baterry yang memang performanya dan harganya  diperuntukan untuk motor kompetisi motorsport atau mesin motor yang telah di modifikasi ekstrim. TDR Baterry telah mneyediakan versi berteknology AGM.  Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi pada sepeda motor, sehingga peruntukan dan  penggunaannya pun berbeda-beda. Kini telah hadir teknologi battery jenis AGM dengan berbagai kelebihan memperbaiki karakteristik battery tipe sebelumnya. Kelebihan dari battery AGM adalah terdapat sekat sekat membrane berbentuk lempengan logam valve lebih rapat. Hasilnya, volume elektrolit didalam battery tidak akan berpengaruh meskipun melewati lintasan jalan off road yang banyak guncangan sekalipun.Siklus elektrolit terpusat dibagian sekat dan menjamin logam membran selalu konstan terhubung ke elektrolit. Hasilnya battery AGM lebih padat pengisian daya listrik sehingga lebih maksimal mendukung kebutuhan berbagai tingkatan arus beban listrik.

Battery TDR dengan teknologi AGM dengan keunggulan membuat daya pemakaian lebih lama dengan perbandingan 2 kali siklus usia dibanding  battery lainnnya. Dengan teknologi AGM dan kontruksinya membuat TDR Baterry menjamin dan memdukung kebutuhan suplai tenaga ke perangkat kelistrikan lebih spesifik dan maksimal. TDR  Baterry tersedia jenis Acid dan Gell dan berteknologi AGM, berbobot ringan dan memiliki kapasitas besar sehingga dapat mendukung seluruh kebutuhan sumber daya listrik pada sebuah unit motor.

Fakta ini membuktikan TDR  Baterry menjawab keluhan konsumen umum dan komunitas balap. Apalagi saat ini telah berjalanan peraturan lampu harus menyala di siang hari.Pabikan sendiri telah semarak mengaplikasi saklar otomatis lampu menyala ( HLO ).Pengembangan yang dilakukan oleh TDR  Baterry, sesuai dengan  kebutuhan dari konsumen. Dengan begitu, TDR  Baterry mendukung kesempurnaan system kelistrikan dan lampu kendaraan harian akan lebih terang serta memperpanjang usia bohlam lampu kendaraan. Hasilnya memang sangat sempurna  memenuhi kebutuhan aliran listrik dan menjadi solusi dalam memaksimalkan kelistrikan, pengapian dan power mesin.

TDR  Baterry adalah Acid dan Gell dan berteknologi  ringan dan memiliki kapasitas besar sehingga dapat mendukung seluruh kebutuhan sumber daya listrik pada sebuah unit motor. Selain Lithium Baterry, juga tersedia tipe RTZ5S-BS – RTZ5S-GEL dan  . RTZ7S-BS – RTZ7S-GEL Kapasitasnya mumpuni untuk mendukung suplai tenaga pada peranti kelistrikan sesuai kapasitas penggunaan untuk masing-masing type.

Dengan Dimensi Baterai: 114 x 71 x 86 mm dan Berat bersih: 1.530 gr tersedia untuk  :