Home Tips Pilihlah kampas Rem Ini Untuk Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan

Pilihlah kampas Rem Ini Untuk Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan

228
0
SHARE

Brake pad atau kampas rem salah satu kelengkapan penting pada perangkat rem sepeda motor. Untuk lebih maksimal dari segi manfaat dan ketepatan memilih jenisnya, sebaiknya mengamati detail – detailnya. Apa saja yang membuat sebuah kampas rem dikatakan maksimal menghentikan laju percepatan dan kecepatan sepeda motor.  

Banyak konsumen yang mengerti setelah memiliki motor langsung mengganti kampas rem hingga hose atau selang rem. Produk aftermarket berkualitas tinggi pun di buru demi mendapatkan hasil maksimal untuk safety. Agar tidak salah memilih dan menggunakan, Sebaiknya mengenali perbedaan antara produk aftermarket .

Produk aftermarket banyak beredar dan bervariasi soal kualitas dan harganya. Pastinya untuk mendapatkan kampas rem berkualitas tinggi, selain ditentukan materialnya juga harganya.

Dalam menentukan untuk menggunakan kampas rem, harus dipertimbangkan pula bahan baku yang menimbulkan penyakit. Sebaiknya menghindari kamas rem berbahan asbes, karena efeknya penyakit pada saluran pernapasan, mulai dari asbestosis hingga kanker paru-paru. Memang yang belum memahaminya banyak memburu kampas rem berbahan asbes karena  tahan lama dan murah. Tahan lama dan murahnya kampas rem asbes biasanya tidak maksimal mengenggam cakram dan hasilnya pengereman tidak sempurna. Asbes adalah bahan tambang yang tahan api, tetapi serat asbes yang terkandung di dalamnya sangat berbahaya.

Banyak pengguna harian , hobbies dan racing referensi beberapa merk ternama yang terbukti menggunakan bahan bermaterial ramah lingkungan. Juga kualitas produksinya membuat kampas rem bermerk aftermarket ini lebih tahanlama, mudah melepas panas, menjaga kondisi cakram dan pastinya mendukung penuh performa ketika menghentikan laju kendaraan diberbgaai kecepatan.

Cara paling mudah untuk mengetahui kampas rem mengandung asbes atau tidak adalah dengan melihat warnanya. Warna kampas rem yang mengandung asbes lebih muda dan terang, serta konturnya kasar. Sedangkan kampas rem yang tidak menggunakan asbes berwarna lebih gelap dan agak berpori.

Agar tidak percuma mengeluarkan dana, penegereman tidak maksimal dan tidak ramah lingkungan, sebaiknya mengggunakan kampas rem non asbestos. Pilihlah bermaterial yang mampu berfungsi maksimal disegala temperature suhu, cuaca dan ramah lingkungan.