Home Featured Mini Piston Dome Lebih Mengerti kebutuhan Mesin Kompetisi

Piston Dome Lebih Mengerti kebutuhan Mesin Kompetisi

1145
0
SHARE

Fungsi piston sebagai penerima tekanan hasil pembakaran campuran gas dan meneruskan tekanan untuk memutar poros engkol (crank shaft) melalui batang piston (connecting rod). Secara kontruksi piston bergerak naik turun terus menerus di dalam silinder untuk melakukan langkah hisap, kompresi, pembakaran dan pembuangan. Tentunya piston harus tahan terhadap tekanan tinggi, suhu tinggi, dan putaran yang tinggi. Sebuah piston terbuat dari  material aluminium, besi tuang, dan keramik. Umumnya piston dari bahan aluminium paling banyak digunakan yang membedakannya pada sisi proses produksinya.

Bentuk kepala piston ada yang rata, cembung dan cekung ( coakan ) untuk menyesuaikan kebutuhan performa mesin. Bagian atas piston lebih banyak menerima tekanan panas atau yang lebih besar dari pada bagian bawahnya saat bekerja.

Salah satu tipe piston adalah Dome,  bagian atas yang datar itu memiliki kubah  dengan jumlah volume tambahan di atas piston dibandingkan dengan piston atas datar. Penambahan volume sebagai  peningkatan rasio Kompresi dan karenanya harus meningkatkan kinerja.

Berbagai merek piston dome beredardi pasaran, namun yang terseleksi dan telah ada pembuktianya adalah piston dome TDR. Dikemas dengan performa forged piston berikut rancangan penempaan bahan baku lebih padat tanpa pori – pori pada materialnya. Alhasil kualitas performa dan daya tahan tidak menyebabkan komponen menjadi aus meski dipakai pada suhu tinggi. Piston Dome TDR dengan dimensi 9,5 x 10 x 7 cm. Tinggi kubah ada TDR piston Dome dapat diatur atau diseting agar lebih tepat menentukan kompresi mesin.Juga tahan akan kebocoran meski dari pori – pori terkecilpun

Untuk penggunaan kompetisi tersedia untuk   Blade 51.18mm (115cc), Jupiter Z 55.25mm (130cc), Supra X 125 53.40mm (130cc). Dengan teknologi TDR forged piston yang maksimal menjaga temperatur suhu pembakaran pada mesin da tetap menjaga performa mesin lebih stabil.