Home Tips Perhatian Dalam Menentukan Pilihan Sprocket Motor Balap

Perhatian Dalam Menentukan Pilihan Sprocket Motor Balap

2286
0
SHARE

Dalam dunia balap, umumnya ukuran sprocket menggunakan jumlah gigi-giginya sebagai angka yang digunakan dalam menghitung perbandingan rasio. Untuk menentukan perbandingan rasio pada sprocket yang biasa disebut final gear ratio ditentukan oleh banyak hal, seperti sirkuit yang akan digunakan dan jenis balap.

Pada balap road race perbandingan rasio sprocket rendah biasanya digunakan untuk sirkuit dengan banyak lintasan dengan derajat tikungan lebih kecil.Sebaliknya untuk lintasan dengan track lurus ( straight ) lebih panjang dan tikungannya lebar ( rolling speed ) memerlukan perbandingan rasio sprocket yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk drag race perbandingan rasio (final gear ratio) nya lebih besar lagi. Untuk road race, jenis sprocket yang digunakan lebih tipis  jenis sprocket 415, untuk drag race umumnya lebih tebal. Materialnya rantai 415 umumnya berwarna kuning, dengan spesifikasi bahan baku baja level tinggi ( beda merk beda spesifikasi material ).

Dengan kondisi untuk penyesuaian lintasan, umumnya pemasangan rantai pada sprocket depan dan belakang pada motor road race biasanya lebih panjang dibanding jarak rantai dan sprocket motor drag race. Perbandingan rasio sprocketnya pun drag race lebih besar dibanding sepeda motor road race.

Sprocket dan chain (rantai ) bukan hanya berfungsi meneruskan putaran engine ke roda belakang motor , tetapi juga harus mampu berputar ketika roda belakang pada posisi naik turun akibat kerja suspensi. Untuk itu rantai  dan sprocket harus memiliki karakteristik tahan terhadap gaya tarik dan memiliki kelenturan yang baik. Pada rantai kelenturan disebabkan oleh bergeraknya tiap-tiap sambungan (pitch) rantai dan pada sprocket ditentukan dengan kualitas material dan presisinya antar bagian gigi.

Dalam menentukan pilihan sprocket, perhatikan detail tingkat kepresisian antar bagian gigi agar mengait lebih lekat ke rantai.Jadi tidak slip dan menjamin lebih sempurna meneruskan daya dari power mesin.

Pemasangan rantai pada sprocket motor balap memiliki kebebasan yang sama dengan kebebasan rantai pada sepeda motor standar, yaitu berkisar max. 10 mm saat ditekan oleh tangan.

Meskipun rantai dan sprocket masih baru, sebaiknya diberi pelumasan untuk mengurangi gesekan dan mendinginkan rantai saat digunakan. Cara pelumasan rantai sepeda motor pada final sprocket  dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan minyak pelumas dengan tingkat kekentalan yang tinggi dan harus baru, atau dengan cara penyemprotan dengan chain lube (pelumas kering/silicon )

Kelurusan saat penyetelan ketegangan rantai juga wajib diperhatikan, untuk menghindari terjadi kerusakan atau copotnya rantai saat  diarena balap dan juga kelurusan akan meningkatkan kestabilan sepeda motor saat ditikungan.