Home Tips Brake Fluid – Untuk Maksimalkan Kinerja Perangkat Rem Wajib Memakai Minyak Rem...

Brake Fluid – Untuk Maksimalkan Kinerja Perangkat Rem Wajib Memakai Minyak Rem Berkualitas

866
0
SHARE

Indonesia Racing – Setiap  sepeda motor pasti memiliki sistem pengereman untuk menghentikan laju kendaraan. Dalam sistem pengereman terdiri dari beberapa bagian salah satunya adalah minyak rem atau brake fluid. Fungsi minyak rem sebagai pelumas pada komponen logam yang bergesekan untuk menghentikan laju kendaraan agar logam tersebut tidak mudah aus, tahan panas, dan tidak berubah bentuk pada suhu tinggi, Sebagai penyalur tenaga hidrolik.

Cara kerja minyak rem ketika proses pengereman, diperlukan tenaga hidrolik  aktif dari silinder master untuk menghentikan putaran roda. Tenaga hidraulik ini disalurkan kesemua sistem melalui minyak rem yang memiliki sifat seperti fluida dalam sistem tertutupnya. Kerja dari sistem rem, dari master silinder ke piston mentransfer energi mekanis yang akan menghasilkan panas dari gesekan minyak rem dengan permukaan alurannya

Kode DOT 3, 4 dan 5 pada minyak rem punya maksud untuk menerangkan perbedaan titik didih atau boiling point. Sedangkan DOT kepanjangan dari Department Of Transportation. Misalnya DOT 3, minimal titik didihnya 205C dan DOT 4, 230 C. DOT 5 lebih tinggi dari keduanya, bahan bakunya dari silikon yang sulit bercampur dengan air.

Makanya, minyak rem di atas DOT 3 lebih sering dipakai buat kendaraan kecepatan tinggi dan berkapasitas besar. Warna di tiap kemasan tidak ada perbedaan kualitas.

Untuk kendaraan roda dua standar DOT 3 saja sudah cukup. Selain harga lebih murah, suhu panas saat ngerem masih bisa ditahan. Kecuali untuk motor yang telah di upgrade maupun motor kompetisi demi menjamin keamanan dan performa pengereman wajib memakai DOT 4. Brake fluit DOT 4 juga disarankan dipakai untuk motor  harian dan hobi dengan genre motorsport teknologi terkini.

Dalam memilih produk Brake & Clutch Fluid perlu mempelajari spesifikasi dan produknya. Untuk motor harian dan hobi umumnya berteknologi terkini sebaiknya menggunakan minyak rem dengan spesifikasi 100% cairan rem sintetis untuk kinerja rem efektif dan optimal dalam kondisi ekstrim dan menjaga viskositas di lingkungan yang dingin dan panas. Titik didih kering tinggi 260 ° C. Cocok untuk semua jenis rem hidrolik DOT-4 dan sistem kopling. Seperti VROOAM merekomendasikan produk dengan spesifikasi tersebut dapat digunakan pula untuk  sistem rem motorsport  yang memerlukan flot rem DOT 3 dan DOT4

Untuk motor dengan mesin dengan power lwbih ekstrim sebaiknya menggunakan brake fluid dengan spesifikasi teknis 100% cairan rem sintetis dengan titik didih kering kering 310 ° C. Untuk respon pengereman yang terus menerus pada kondisi mengemudi yang agresif. Cocok untuk semua jenis sistem rem / kopling DOT4 hidrolik. VROOAM  HBP Racing Brake Fluid DOT4 RACING menjadi langganan pembalap top dunia dalam berkompetisi, mereka rekomendasikan produk ini untuk sistem rem motor kompetisi ataupun produk massal dengan power tinggi sangat membutuhkan cairan rem DOT4 RACING.

Jenis produk brake fluid tersebut dirancang untuk semua sistem pengereman khususnya pada kendaraan yang mengalami kondisi ekstrim.  Juga,fitur dan Manfaatnya lebih maksimal dan membuat komponen lebih awet. Juga memiliki  sistem perlindungan terbaik dari efek korosi dan vapor lock pada suhu tinggi.